Senin, 05 Desember 2011

Tugas Pengantar Bisnis Minggu 6


1.        Jelaskan perbedaan pasar dan pemasaran !!
Pasar adalah tempat penjual melakukan kegiatan penawaran dan pembeli melakukan kegiatan permintaan barang atau jasa. Sedangkan, pemasaran adalah kegiatan untuk menjalankan bisnis guna memenuni kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.


2.        Berikan contoh masing-masing untuk:
Jenis pasar industri, contoh industri roti, industri makanan ringan, industri pakain, dll.
Pasar penjual, contoh pasar online, pasar saham, dan pasar valuta asing.


3.        Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran
Konsep inti pemasaran adalah konsep yang berhubungan dengan kebutuhan manusia, keinginan, permintaan barang atau jasa, produk, nilai pelangan, mutu, pertukaran, transaksi, pemasar dan calon pembeli.


4.        Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi
a)    Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b)   Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c)    Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d)   Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.


5.        Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran
a.     Memaksimumkan konsumsi
b.    Memaksimumkan kepuasan konsumen
c.     Memaksimumkan mutu hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar