1.
Jelaskan perbedaan pasar dan
pemasaran !!
Pasar
adalah tempat penjual melakukan kegiatan penawaran dan pembeli melakukan
kegiatan permintaan barang atau jasa. Sedangkan, pemasaran adalah kegiatan
untuk menjalankan bisnis guna memenuni kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.
Berikan contoh masing-masing
untuk:
Jenis pasar industri, contoh industri roti,
industri makanan ringan, industri pakain, dll.
Pasar penjual, contoh pasar online, pasar saham,
dan pasar valuta asing.
3.
Apa yang dimaksud konsep inti
pemasaran
Konsep inti pemasaran adalah konsep yang
berhubungan dengan kebutuhan manusia, keinginan, permintaan barang atau jasa,
produk, nilai pelangan, mutu, pertukaran, transaksi, pemasar dan calon pembeli.
4.
Sebutkan dan jelaskan 4 variabel
bauran promosi
a) Produk
(product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat
ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi
sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga
(price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus
dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan
nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan
membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga
adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan
rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang
konsisten dan efektif.
c) Tempat
(place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk
membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat
penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat
dibutuhkan.
d) Promosi
(promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan
konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5.
Sebutkan beberapa alternatif
sistem pemasaran
a. Memaksimumkan
konsumsi
b. Memaksimumkan
kepuasan konsumen
c. Memaksimumkan
mutu hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar