1. Jelaskan
bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memeperhatikan faktor
produksi !!
Faktor-Faktor Produksi
1) Manusia
(men)
Orang-orang
tertentu sebagian tenaga kerja (men power) yang memiliki kemampuan kerja,
manajemen, dan menguasai teknologi tertentu untuk menjadi perencana,
pengendali, dan pelaksana proses produksi. Sebelum menjadi tenega kerja harus
di seleksi terlebih dahulu. Diperlukan pemilihan, pembinaan, dan pengembangan
sumber daya manusia.
2) Uang
(money)
Sebelum
membangun usaha harus memiliki sejumlah uang untuk membiayai usaha dan untuk
kelancaran pendanaan produksi. Uang tersebut bisa didapatkan dari kreditor
dengan cara meminjam uang di bank.
3) Material
(materilas)
Yaitu
bahan-bahan yang digunakan untuk diolah menjadi menjadi barang yang ingin
diproduksi lalu diperjual belikan.
4) Metode
(methods)
Metode
adalah tata cara yang berkaitan dengan prosedur, dan teknologi produksi. Dalam
hal memproduksi tentu saja kita dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan
metode mana
2. Berilah
masing-masing sebanyak 5 contoh rill perusahaan berdasarkan letak/tempat !!
Berdasarkan tempat
perusahaan :
a) PT
Pertamina, perusahaan pengeboran minyak
bumi. lokasi : Jalan medan Merdeka Timur 1A Jakarta.
b) PT
Perkebunan Nusantara (PTTN) perusahaan di bidang perkebunan. lokasi : Sumatera,
Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
c) PT
KAI ( Kereta Api Indonesia ) Perusahaan di bidang jasa angkutan darat. lokasi :
Bandung.
d) PT
PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) perusahaan jasa angkutan darat. lokasi :
Jakarta Pusat.
e) PT
Semen Gresik perusahaan semen. Lokasi : Gresik.
Berdasarkan letak
perusahaan
a) Lokasi
perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah di tetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. contoh : PT Daelim Indonesia ( kawasan industri cikarang ) dan PT Bintan Inti Industrial Estate ( kawasan industri pulau gadung ).
Lokasi ini sudah di tetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. contoh : PT Daelim Indonesia ( kawasan industri cikarang ) dan PT Bintan Inti Industrial Estate ( kawasan industri pulau gadung ).
b) Lokasi
perusahaan yang mengikuti sejarah Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya
memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan
bisnis.
Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
contoh : PT Tonga Tiur Putra ( perusahaan udang di cirebon ) dan PT Santha Buana Bali ( perusahaan batik di Denpasar ).
Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
contoh : PT Tonga Tiur Putra ( perusahaan udang di cirebon ) dan PT Santha Buana Bali ( perusahaan batik di Denpasar ).
c) Lokasi
perusahaan yang mengikuti kondisi alam. Lokasi perusahaan yang tidak bisa di
pilih-pilih karena sudah dipilih oleh alam. contoh : PT Badak Liquid Natural
Gas dan PT Pupuk Kaltim ( Tambang emas di Bontang Kaltim ). Lokasi perusahaan
yang mengikuti fakto-faktor ekonomi. Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi
oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersediaan tenaga kerja, kedekatan
dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain. contoh : PT Gudang Garam
3. Sebutkan
dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan !!
a)
Berdasarkan tujuan ekonomisnya
Sesuai
dengan tujuan ekonomisnya perusahaan adalah pihak yang memanfaatkan berbagai
sumber ekonomi untuk menghasilkan barang /jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Kegiatanya berfungsi untuk mendekatkan dan melancarkan arus barang dan jasa,
baik secara regional maupun nasional.
b)
Berdasarkan tanggung jawab
sosialnya
Sesusai
dengan tanggung jawab sosialnya perusahaan berdiri sebagai penunjang kehidupan
masyarakat melalui kegiatan:
1) Memberikan
peluang untuk memanfaatkan sumberdaya manusia setempat (peluang kerja)
2) Kepedulian
sosial kepada masyarakat dan lingkungannya (dimuali dari yang terdekat sampai
yang terjauh)
3) Membuka
kesempatan kepada masyarakat untuk ikut serta memiliki perusahaan melalui
kepemilikikan saham
4) Kepedulian
terhadap kelestarian lingkungan
4.
Jelaskan apa yang dimaksud
lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !!
ü Yang dimaksud lingkungan internal perusahaanadalah berbagai hal atau pihak
yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan mempengaruhi
langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi” nya
organisasi. Sedangkan (Lawrence dan William, 1998) mendefinisikan lingkungan internal perusahaan sebagai suatu proses dengan mana perencana strategi mengkaji
pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan
operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan
akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan
yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang
paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan.
ü Lingkungan
eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa
tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor
spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi.
Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan
peluang, yang mana memerlukan pengendalian jangka panjang dari manajemen puncak
organisasi.
5.
Aplikasikan setiap variabel
lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahan !!
Pengaruh lingkungan
perusahaan terhadap perusahaan :
Ekologi : pencemaran udara,air,sampah
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
Sosial : kriminalitas,pengangguran
Politik : pertahanan keamanan
Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
Sosial : kriminalitas,pengangguran
Politik : pertahanan keamanan
Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan
6.
Jelaskan perbedaan producer
oriented approach dan consumer oriented approach !!
a. Producer
oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual
barang dan jasa ke pasar.
b. Consumer
oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli
barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar